Dinginnya Tak Maksimal, Ini 7 Tanda AC Anda Butuh Diservis

Hawa panas di Jakarta membuat AC atau pendingin udara menjadi benda krusial untuk dipasang di rumah. Dengan adanya AC, udara di rumah jadi lebih sejuk dan tentunya istirahat pun jadi lebih nyaman. Agar AC bisa awet digunakan, pastikan untuk langsung menghubungi jasa service AC Jakarta saat tanda-tanda kerusakan ini muncul.

1.   AC Tak Lagi Memproduksi Hawa Dingin

Saat AC tak bisa lagi memproduksi hawa dingin sebagaimana mestinya, tentu saja itu pertanda ada kerusakan yang terjadi. Anda harus segera menghubungi jasa servis AC jika suhu udara yang dikeluarkan normal atau malah relative hangat. Bisa jadi ada masalah pada komponen pendingin yang jika tak segera diperbaiki, akan membuat AC tak bisa digunakan sama sekali.

2.   AC Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Umumnya, ada dua macam bau yang menguar dari AC yang bisa jadi pertanda waktu servis telah tiba. Pertama, AC yang mengeluarkan bau hangus atau seperti terbakar dan kedua, bau tengik yang menyengat. Bau hangus yang muncul bisa disebabkan karena adanya kabel yang terbakar di bagian dalam AC. Sedangkan bau tengik bisa dipicu oleh menumpuknya jamur pada saluran udara AC tersebut.

3.   Tagihan Listrik yang Tiba-Tiba Saja Melonjak Tajam

Pemakaian listrik masih seperti biasa, namun tiba-tiba saja tagihan listrik Anda naik membumbung tinggi? Bisa jadi itu disebabkan karena AC yang butuh diservis. Naiknya tagihan listrik bisa disebabkan karena bocornya saluran yang ada di AC, yang membuat pemakaian daya listrik jadi lebih boros. Jika sudah begini, jangan tunggu lama untuk membawa AC ke tukang service AC Jakarta.

4.   Mesin AC Mengeluarkan Suara yang Berisik

Normalnya, AC yang dalam keadaan bagus akan mengeluarkan suara yang halus saat beroperasi. Jika sekiranya AC mengeluarkan suara yang bising dan berisik, berarti ada yang salah dengan AC tersebut. Suara bising yang diproduksi oleh AC, umumnya disebabkan karena adanya kerusakan di bagian kompresor. Jangan dibiarkan saja, jika masih ingin memakai AC untuk waktu lama.

5.   AC Mati secara Tiba-Tiba

Tak semua AC memiliki pengaturan otomatis untuk mati di waktu yang telah ditentukan. Jika AC tanpa pengaturan otomatis ini tiba-tiba saja mati berarti mulai ada kerusakan di bagian mesinnya. Umumnya hal ini disebabkan karena suhu di bagian mesin yang begitu panas, sehingga arus listrik yang mengalir di sana jadi terpotong.

6.   Produksi Cairan Pembuangan yang Meningkat

Cairan yang diproduksi AC memang merupakan tanda bahwa pendingin udara ini sedang bekerja. Namun jika jumlahnya melebihi intensitas normal, maka bisa disimpulkan bahwa terjadi kebocoran pada AC tersebut. Kebocoran bisa terjadi pada bagian freon atau selang pembuangan cairan pada AC.

7.   Lampu Indikator AC Berkedip Tak Beraturan

Butuh atau tidaknya AC diservis juga bisa dilihat dari lampu indikator AC tersebut. Jika lampu indikator AC sering berkedip tak beraturan tanpa sebab yang jelas, maka AC bisa dipastikan sedang dalam keadaan tak sehat. Masalah pada lampu indikator ini umumnya disebabkan oleh kerusakan pada rangkaian listrik dalam AC.

Jangan tunggu AC yang Anda miliki rusak total, baru Anda menyesal tak membawanya ke tempat servis. Jika sekiranya 7 tanda di atas muncul, maka jangan pikir panjang untuk menghubungi jasa servis AC. Ada begitu banyak loh jasa service AC Jakarta berkualitas yang bisa Anda minta bekerja di rumah untuk menservis AC Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *