Cegah Munculnya Kerutan, Ini 4 Manfaat Moisturizer untuk Kulit Berminyak

Banyak pemilik kulit berminyak yang beranggapan bahwa penggunaan pelembap atau moisturizer hanya akan membuat produksi minyak di wajah mereka tambah banyak. Padahal, kenyataannya malah sebaliknya. Moisturizer sama bermanfaatnya bagi kulit berminyak, layaknya tipe kulit lainnya. Bagi yang masih ragu, simak manfaat moisturizer untuk kulit berminyak berikut ini.

1.   Menghindarkan Kulit dari Risiko Dehidrasi

Kulit yang berminyak tetap harus terhidrasi dengan baik atau tercukupi kebutuhan airnya. Minyak atau sebum yang diproduksi secara berlebih di wajah, bukanlah pertanda kalau kulit wajah sudah terhidrasi. Bahkan, produksi minyak yang berlebih di kulit wajah bisa jadi tanda kalau kulit wajah Anda belum cukup terhidrasi dengan baik.

Kulit yang terhidrasi dengan baik, akan membuat proses produksi minyak oleh kelenjar sebasea di kulit jadi lebih terkontrol. Lalu, bagaimana caranya Anda untuk bisa menghidrasi kulit? Salah satu jawabannya adalah dengan menggunakan moisturizer. Dengan menggunakan moisturizer, produksi minyak di kulit wajah akan lebih seimbang, tanpa membuat kulit wajah menjadi kering.

2.   Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Tahukah Anda kalau kunci untuk bisa terlihat awet muda salah satunya adalah dengan menjaga kelembapan kulit? Moisturizer yang diaplikasikan di kulit yang berminyak akan membuatnya terhidrasi dengan optimal dan juga menjaga kelembapannya. Kulit wajah yang lembap dan terhidrasi dengan optimal, akan bisa terhindar dari tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus.

3.   Mencegah Munculnya Jerawat

Tak menggunakan moisturizer untuk kulit berminyak bisa memicu breakout di wajah, loh! Tanpa moisturizer, kulit berminyak bisa mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Disebabkan karena dehidrasi, produksi minyak di wajah pun makin meningkat. Akibatnya, pori-pori wajah pun menjadi tersumbat, yang kemudian berubah menjadi butiran jerawat, baik kecil maupun besar ukurannya.

Makanya, agar bisa terhindar dari risiko breakout atau munculnya jerawat di wajah Anda yang berminyak, gunakanlah moisturizer dengan rutin. Hal penting yang harus diingat, minyak berlebih pada wajah bukanlah pertanda bahwa wajah juga sudah terhidrasi sempurna. Dengan memakai moisturizer inilah, Anda bisa menghidrasi kulit wajah dan mencegah munculnya jerawat.

4.   Mencegah Terjadinya Kulit Kering

Penggunaan obat-obatan tertentu di wajah, misalnya seperti obat jerawat, bisa membuat kulit wajah yang tadinya berminyak menjadi kering, bersisik, dan bahkan mengelupas. Nah, untuk menghindari terjadinya hal tersebut, Anda bisa gunakan moisturizer. Penggunaan moisturizer akan membuat kulit tetap terjaga kelembapannya, serta menyeimbangkan produksi minyak berlebih di wajah.

Moisturizer yang Tepat untuk Kulit Berminyak

Walau penggunaan moisturizer sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit berminyak, bukan berarti semua produk moisturizer di luar sana cocok untuk digunakan. Anda harus cermat memilih produk moisturizer untuk kulit Anda yang berminyak, agar efeknya untuk menghidrasi dan mengontrol produksi minyak berlebih bisa dirasakan.

Bagi kulit berminyak, gunakanlah moisturizer yang tak memiliki kandungan minyak atau oil free. Gunakanlah moisturizer yang pada kemasannya tertera water-based dan juga non-comedogenic. Dengan begini, kulit Anda yang berminyak akan bisa terhidrasi dengan baik. Kulit pun akan terhindar dari risiko breakout atau jerawat, karena kandungannya tak akan menyumbat pori-pori wajah.

Itulah tadi deretan manfaat moisturizer untuk kulit berminyak. Penggunaan moisturizer tak akan membuat produksi minyak di kulit wajah makin bertambah, melainkan akan membuat produksi minyak bisa berkurang dan terkontrol dengan baik. Malah, penggunaan moisturizer akan membuat kulit wajah bisa terhidrasi dengan baik, sehingga wajah jadi lembap, kenyal, dan terjaga keelastisannya.

Tagged :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *